Mayoritas pemohon melaporkan pengaduan berupa keterlambatan penyelesaian
permohonan berkas rutin dan pengaduan mengenai PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis
Lengkap). Dalam rangka menerapkan smart ASN di lingkungan kantor pertanahan kabupaten
Purwakarta, para pegawai harus paham mengenai literasi digital, tidak hanya dapat
mengoperasikan media digital, namun kita juga harus bertanggungjawab dalam
mengoperasikannya. Makadari itu, sebagai ASN yang adaptif terhadap perubahan, perlu adanya
perubahan dalam pengelolaan pengaduan salah satunya memaksimalkan penggunaan sistem
SP4N LAPOR!.
3
Berdasarkan latar belakang di atas, maka isu yang diangkat adalah “Optimalisasi
Penggunaan Sistem Pengaduan SP4N LAPOR! Melalui Saluran Informasi Bagi Pemohon di
Kantor Pertanahan Kabupaten Purwakarta tahun 2022” yang kemudian dari isu ini akan dibuat
gagasan kreatif berupa pembuatan media informasi berbentuk video panduan penggunaan
aplikasi dan pembuatan leflat, selain itu sosialisasi pada petugas loket juga dilakukan untuk
penggunaan aplikasi SP4N LAPOR! agar, petugas loket dapat menginformasikan kembali
kepada pemohon.