Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


OPTIMALISASI PENANGANAN PENGADUAN DAN INFORMASI PELAYANAN PERTANAHAN DENGAN SISTEM MONITORING DI KANTOR PERTANAHAN KOTA SAMARINDA

    Via Safira Dewi Nusantari | 4 August 2022

Abstract


Di Kantor Pertanahan Kota Samarinda memiliki layanan pengaduan dan informasi melalui applikasi pesan instan Whatsapp, sebagaimana layanan tersebut merupakan sarana untuk menampung aspirasi masyarakat sebagai pengguna layanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Samarinda. Melalui sarana tersebut, masyarakat dapat memberikan informasi yang dapat diadukan ataupun menanyakan informasi yang dibutuhkan seperti informasi syarat kelengkapan berkas, informasi berkaitan dengan PTSL, pengecekan 3 progress permohonan berkas, validasi sertifikat, dan lain-lain. Namun karena terkendala dari segi volume pesan instan yang diterima oleh petugas penanganan pengaduan dan informasi tersebut lebih besar dibandingkan kemampuan SDM sendiri untuk membalas atau merespon pesan tersebut menyebabkan banyak pesan yang jarang terbalas atau bahkan tidak terbalas sama sekali. Sebagaimana Pusat Pengaduan dan Informasi ini merupakan layanan di Kantor Pertanahan Kota Samarinda yang merupakan amanat Peraturan Mentri ATR/ Kepala BPN No 4 tahun 2022 tentang Pengelolaan Pengaduan dalam rangka meningkatkan transparansi dan kualitas pelayanan pertanahan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintah agar terwujudnya pemerintahan yang bersih, maka diperlukannya untuk melakukan pengelolaan pengaduan secara baik dan benar sebagai bentuk pengawasan pelaksanaan pelayanan pertanahan.

Dokumen PDF OPTIMALISASI PENANGANAN PENGADUAN DAN INFORMASI PELAYANAN PERTANAHAN DENGAN SISTEM MONITORING.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan Angkatan IV Tahun 2022
Keyword :