Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


“PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP INOVASI LAYANAN KAROMA DAN PACAK LANGSUNG BAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA PANGKALPINANG MELALUI SOSIALISASI”

    Rizky Fella | 1 December 2022

Abstract


Di Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang telah melaksanakan 5 (lima) inovasi pelayanan yaitu Lempah Darat, Pasti, Lepat Ketan, Karoma, dan Pacak Langsung Bai. Dimana Karoma dan Pacak Langsung Bai merupakan inovasi terbaru yang diluncurkan pada 13 Mei dan 13 Juli 2022. Berdasarkan data yang ada di loket, sejak diresmikannya Karoma dan Pacak Langsung Bai jumlah pemohon yang menggunakan inovasi ini masih tergolong sedikit. Per 13 Mei 2022, pengajuan pada loket terkait Roya sebanyak 245 pengajuan, namun yang menggunakan inovasi Karoma sebanyak 13 pemohon. Per 13 Juli 2022, pengajuan peningkatan hak di Loket Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang sebanyak 33 3 pengajuan dan pengajuan Pacak Langsung Bai sebanyak 8 pemohon. Berdasarkan data di atas dan hasil konsultasi dengan mentor, penulis melakukan kegiatan aktualisasi “Sosialisasi Layanan Inovasi Karoma dan Pacak Langsung Bai kepada Masyarakat” dengan cara: 1. Memanfaatkan media sosial dan teknologi digital yang ada di Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang 2. Melakukan kolaborasi dengan stakeholder Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang yaitu Bank BNI Cabang Pangkalpinang Dua cara di atas sebagai gagasan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada di Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang yaitu Rendahnya jumlah pengguna Layanan Inovasi Karoma dan Pacak Langsung Bai pada Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang. Jika dikaitkan dengan strategi Komunikasi Pemasaran yaitu AIDA atau Awareness, Interest, Desire, dan Action yang pertama kali diperkenalkan oleh Elias St Elmo Lewis pada 1898. Menurut Kotler dan Keller AIDA ini merupakan formula sederhana yang paling sering digunakan untuk memasarkan suatu produk. Pada Aktualisasi ini menerapkan tahap yang pertama yaitu Awareness atau kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat terlebih dahulu, baru selanjutnya dapat masuk ke tahap selanjutnya yaitu Interest (ketertarikan), Desire (hasrat/keinginan), sampai pada akhirnya Action (Aksi/menggunakan inovasi layanan).

Dokumen PDF RIZKY FELLA_G7A10K4_LAPORAN AKTUALISASI.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan X Tahun 2022
Keyword : II