Seperti yang dihadapi penulis saat ini. Pada aktulisasi ini penulis berusaha
menyelesaikan suatu masalah yang tertuang dalam bentuk tugas aktualisasi.
Tantangan dan permasalah yang penulis amati di satker (satuan kerja) tempat
penulis melaksanakan aktualisasi yaitu: Masih konvesionalnya cara meminjam dan
mengembalikan buku tanah, sulitnya menghapus blokir tanah meskipun jangka
3
waktu yang telah ditetapkan berakhir, masih kurangnya sarana dan prasarana yang
menunjang kinerja pegawai. Dari permasalahan tersebut, penulis dan mentor
memilih Masih konvesionalnya cara meminjam dan mengembalikan buku tanah
sebagai permasalahan mendesak, serius dan berdampak luas apabila dibiarkan.
Jadi demikian penulis melakukan kegiatan aktualisasi dengan judul “Optimalisasi
Sistem Pelayanan Peminjaman dan Pengembalian Buku Tanah dengan
Menggunakan Gform dan Gsheet di Arsip Kantor Pertanahan Majalengka” untuk
meminimalisir kehilangan buku tanah di arsip Kantor Pertanahan Majalengka yang
didasarkan atas Nilai-Nilai Dasar ASN yaitu berorientasi Pelayanan, Akuntabel,
Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, serta Kolaboratif dan Kedudukan dan peran
PNS untuk mendukung terwujudnya Smart Governance sebagai gagasan
pemecahan masalah di satuan kerja penulis yakni di Kantor Pertanahan Kabupaten
Majalengka.