Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


OPTIMALISASI PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI SOSIAL MEDIA MENGGUNAKAN SISTEM MONITORING PENGADUAN SOSIAL MEDIA (SIAPSEDIA) BERBASIS GOOGLE SPREADSHEET DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BOGOR

    Muhammad Akbar | 1 December 2022

Abstract


Jika belum optimalnya pengelolaan pengaduan masyarakat di sosial media terus terjadi dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang tidak sesuai dengan pasal 11 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara “memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas.” Seharusnya dengan sudah dilakukannya transformasi digital penggunaan sosial media pelayanan publik dan pengaduan dapat cepat, tepat, dan akurat tertangani. Berdasarkan dari hasil proses pemikiran, analisa, diskusi, dan konsultasi dengan berbagai pihak yang diantaranya adalah mentor, coach, rekan kerja, serta masyarakat, akhirnya Laporan Aktualisasi ini berisi tentang Optimalisasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Sosial Media Menggunakan Sistem Monitoring Pengaduan Sosial Media (SIAPSEDIA) Berbasis Google Spreadsheet yang khususnya diharapkan mampu meningkatkan pengelolaan pengaduan masyarakat di Kantor Pertanahan Kota Bogor serta dapat menjadi solusi dari tantangan terhadap tugas dan fungsi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sebagai pengejawantahan Manajemen ASN yakni pasal 11 Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 menyebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas serta SMART ASN yaitu kompetensi Digital Skill dan Digital Culture.

PDF document Optimalisasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Sosial Media Menggunakan Sistem Monitoring Pengaduan Sosial Media (Siapsedia) Berbasis Google Spreadsheet.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan XII Tahun 2022
Keyword : II