Berkenaan dengan hal itu, maka
Penulis mengangkat isu pada aktualisasi ini tentang belum optimalnya penyerahan Sertipikat
di Loket Penyerahan. Jika dikaitkan dengan Manajemen ASN, maka isu ini tidak mencapai
nilai dasar ASN yaitu memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat,
3
akurat, berdaya guna, berhasil guna dan santun karena penyerahan Sertipikat yang selesai belum
optimal, sehingga belum dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan jika
dikaitkan dengan Smart ASN kurangnya digital skill yang menyebabkan pelayanan belum
optimal.
Dengan demikian, penulis melakukan aktualisasi “Optimalisasi Sistem Penyerahan Sertipikat
dengan Menggunakan Buku dan Aplikasi LAKSA pada Kantor Pertanahan Kota
Pangkalpinang” sebagai gagasan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada di Kantor
Pertanahan Kota Pangkalpinang yang dilaksanakan dengan nilai-nilai BerAKHLAK dan
Manajemen ASN serta Smart ASN. Diharapkan dengan adanya pembuatan buku dan aplikasi
LAKSA ini dapat mempercepat dalam menyerahkan Sertipikat yang selesai kepada Pemohon
sehingga meminimalisir tunggakan.