Informasi mengenai prosedur pelayanan
pertanahan seperti pendaftaran hak atas tanah, peralihan hak, pengukuran,
penyelesaian sengketa serta informasi mengenai berkas persyaratan yang perlu
dilengkapi beserta informasi mengenai bentuk konsep-konsep surat permohonan
dan/atau surat pernyataan yang dibutuhkan akan memudahkan masyarakat, karena
dapat mengetahuinya tanpa harus datang langsung ke Kantor Pertanahan Kota
Singkawang. Oleh karena itu Penulis mengangkat isu “Belum optimalnya
pemanfaatan media informasi untuk sosialisasi alur prosedur Penerimaan,
Distribusi Pengaduan, dan Syarat Penanganan pada Penyelesaian Kasus Pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Singkawang” yang dalam pembahasan selanjutnya akan
Penulis gali akar masalahnya dan akan ditemukan gagasan-gagasan pemecah isu
lalu dari gagasan-gagasan tersebut dipilih satu untuk dijadikan gagasan terpilih
dalam memecahkan isu di atas. Kemudian juga akan disusun rencana kegiatan
beserta tahapan-tahapannya untuk mewujudkan Optimalisasi pemanfaatan media
informasi untuk sosialisasi alur prosedur Penerimaan, Distribusi Pengaduan, dan
Syarat Penanganan pada Penyelesaian Kasus Pertanahan di Kantor Pertanahan Kota
Singkawang.