Sehingga berkaitan dengan hal itu, maka pengelolaan arsip yang baik tentunya
akan mendukung tercipta tata Kelola arsip sesuai dengan aturan dan ketentuan yang
berlaku. Pengelolaan arsip, tentunya harus didukung dengan fasilitas serta kinerja
perangkat yang memadai serta pengelolaan sesuai dengan prosedur. Kantor Pertanahan
Kabupaten Kotabaru di seksi masing-masing masih terdapat beberapa permasalahan
mengenai berkas dokumen, seperti surat masuk maupun surat keluar yang belum tertata
dengan baik dari segi fisik maupun digital. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan,
misal Ketika Kepala Seksi terkait berganti, maka akan menjadi kesulitan dalam
pencarian arsip tersebut. Kelemahan dari persuratan dalam bentuk fisik ini adalah tidak
rapi, kurang terawat, tidak aman, relatif sulit untuk diakses oleh pegawai di seksi terkait,
dan lebih sulit jika pejabat kepala seksi berganti jikalau nanti kepala seksi yang baru
ingin mencari surat masuk yang ingin dibalas. Sehingga untuk mengatasi hal itu
diperlukan inventarisasi arsip, digitalisasi berkas, disertai dengan backup data dengan
baik, guna memudahkan pencarian sewaktu dibutuhkan.