Kondisi yang ada pada bidang Pengendalian dan Penanganan Sengketa Kantor
Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bengkulu saat ini, sudah ada proses
pengarsipan dokumen administrasi berupa surat keluar dan surat masuk dalam bentuk
konvensional, sedangkan pengarsipan secara digital belum dilakukan. Apabila
pengarsipan surat masuk dan surat keluar hanya dilakukan secara konvensional dan tidak
dibarengi dengan pengarsipan secara digital maka akan berakibat pada dokumen
administrasi yang tidak tertata rapi dan lama kelamaan dokumen administrasi akan
semakin menumpuk. Hal ini akan memberikan dampak lambatnya pencarian data
dokumen atau berkas, data akan mudah hilang, berkas mudah lapuk karena kondisi
ruangan lembab dan kemungkinan berkas akan terkena rayap.
2
Berkaca pada permasalahan yang ada pada Bidang Pengendalian dan Penanganan
Sengketa di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bengkulu atas dasar
pembuatan rancangan aktualisasi penulis berinisiatif untuk melaksanakan “Digitaliasi
Arsip Dokumen Administrasi Bidang Pengendalian dan Penanganan Sengketa
menggunakan Google Drive pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional
Provinsi Bengkulu” yang diharapkan dapat digunakan dalam pertanggungjawaban
kegiatan maupun pencarian bahan bukti yang lebih mudah, efektif dan efisien sebagai
bentuk implementasi nilai smart ASN yaitu memiliki karakter yang efektif, efisien,
inovatif dan memiliki kinerja yang bermutu, dalam penyelenggaraan program pemerintah.