Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


PENINGKATAN PENGELOLAAN KETATAUSAHAAN MELALUI APLIKASI PENGELOLAAN DOKUMEN DAN PEKERJAAN TATA USAHA ONLINE (PEDO JANTAN) PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

    MUHAMMAD HAIDIR | 28 April 2021

Abstract


Penulis melakukan analisis mengenai permasalahan yang perlu diberikan solusi untuk dapat diperbaiki. Adapun dari sejumlah masalah yang dihadapi pada Subbagian Tata Usaha, penulis mencoba fokus pada masalah pengelolaan ketatausahaan dalam hal monitoring pekerjaan dan digitalisasi dokumen tata usaha. Pada kondisi saat ini, pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Subbagian Tata Usaha sangat beragam yang memiliki prioritas, tenggat waktu, dan tingkat kesulitan yang beragam. Disamping volume pertumbuhan dokumen tata usaha terbilang sangat tinggi. Seiring dengan banyaknya kegiatan di Kantor Pertanahan itu sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah SDM di Subbagian Tata Usaha yang hanya terdiri dari 1 (satu) orang. Bertugas sebagai Pejabat Pengawas merangkap Bendahara sekaligus pelaksana semua tugas dan fungsi Subbagian Tata Usaha di Kantah Kab. Muratara. Sehingga di jangka pendek ini perlu dibangun suatu aplikasi yang mampu melakukan manajemen prioritas kerja dan dapat memonitoring penyelesaian tugas yang ada. Sedangkan di jangka menengah, perlu adanya pembagian tugas apabila telah terisi tambahan timpelaksana pada Subbagian Tata Usaha. Masalah berikutnya yaitu mayoritas dokumen tata usaha pada masih berbentuk dokumen fisik. Hal ini perlu menjadi perhatian karena di dunia kerja masa kini, pemanfaatan dokumen digital sangat meningkat. Terlebih ketika terjadinya pandemi, dokumen digital dibutuhkan termasuk dalam hal audit oleh pihak internal maupun eksternal. Sehingga untuk mengimbangi kebutuhan terhadap dokumen digital tersebut, maka diperlukan pembangunan basis data arsip. Dengan adanya basis data arsip, disamping menjadi alternatif dokumen fisik, juga memberi kemudahan terhadap pencarian dokumen tata usaha untuk menunjang pekerjaan. Apabila masalah yang telah diuraikan di atas tidak disikapi dengan serius, tentu dapat berakibat menurunnya penilaian kinerja, khususnya Subbagian Tata Usaha Kantah Kab. Muratara dan Kementerian ATR/ BPN pada umumnya. Karena hierarki dari setiap pekerjaan di Kantor Pertanahan sebagai unit terkecil, akan mengerucut dan mempengaruhi kinerja Kementerian secara keseluruhan. Rencana Aksi Perubahan PKP Angkatan I Tahun 2021“Melayani, Profesional, Terpercaya 4Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, penulis menyimpulkan permasalahan yang dihadapi oleh Kantah Kab. Muratara yaitu belumdilakukannya pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan ketatausahaan yang meliputi manajemen pekerjaan dan digitalisasi dokumen tata usaha. Dengan demikian penulis bermaksud menyusun suatu Laporan Aksi Perubahan dengan memberikan judul “Peningkatan Pengelolaan Ketatausahaan Melalui Aplikasi Pengelolaan Dokumen dan Pekerjaan Tata Usaha Online (Pedo Jantan) pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas Utara”.

Dokumen PDF Muhammad Haidir_LAP.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKP | Pelatihan PKP Angkatan I Tahun 2021
Keyword :