Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


OPTIMALISASI PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DENGAN MENYEDIAKAN FORMULIR PENGADUAN SECARA OFFLINE MAUPUN ONLINE PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN OGAN ILIR

    ARETHA GEA ARDIANSYAH | 14 December 2022

Abstract


Kantor Pertanahan sebagai penyelenggara di bidang pertanahan dalam lingkup kabupaten/kota sepatutnya menjadi pihak yang turut serta menginformasikan dan menyelesaikan aduan dari masyarakat. Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir ada setidaknya satu aduan masuk perminggunya melalui loket maupun media sosial akun Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir. Namun tidak adanya pengelolaan administrasi terkait pengaduan di Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir. Maka kerap kali kasus pertanahan di Kabupaten Ogan Ilir terhambat dan memakan waktu yang lama untuk proses penyelesaian. Melihat fenomena tersebut dan dikaitkan dengan tugas dari Kantor Pertanahan, maka perlu adanya upaya yang dapat meningkatkan pelayanan publik tentang pengelolaan pengaduan masyarakat yang masuk pada Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir, maka atas kasus tersebut penulis menganalisis isu “Optimalisasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dengan menyediakan formulir pengaduan secara offline maupun online pada Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir”

PDF document Aretha Gea Ardiansyah_Laporan Aktualisasi Final.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan XV Tahun 2022
Keyword : II

Comments