Penyelenggaraan loket prioritas ini dilaksanakan untuk mewujudkan pelayanan publik
yang prima. Loket prioritas dikhususkan kepada pemohon langsung tanpa kuasa dalam
mendapatkan pelayanan administrasi di Kantor Pertanahan. Namun dalam pelaksaannya
masih ditemukan beberapa kendala dan hambatan yaitu belum optimalnya penyediaan
informasi terkait jenis pelayanan di loket prioritas. Hal ini terjadi karena publikasi dari
Kantor Pertanahan tentang loket prioritas masih minim.
3
Penulis melakukan pembatasan masalah yang akan dibahas pada Laporan aktualisasi
ini yaitu pada masalah belum optimalnya pelayanan loket prioritas di Kantor Pertanahan
Kabupaten Demak. Penulis berharap dengan pemilihan isu ini dapa meningkatkan
pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas sesuai dengan harapam masyarakat,
cepat, mudah, terjangkau, terukur, efektif, efisien, dan berbasis teknologi yang
mencerminkan dari nilai-nilai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan
Nasional yaitu Melayani, Profesional, Terpercaya. Ini dilakukan agar dapat terwujud
tertib administrasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintah dan peningkatan kualitas
pelayanan terhadap masyarakat.