Kantor Pertanahan Kabupaten Buru khususnya Subbagian Tata Usaha dalam
menjalankan tugasnya, memproses pengelolaan berkas kepegawaian seperti pengarsipan surat
dan dokumen kepegawaian lainnya masih kurang efisien, kerena masih menggunakan sistem
manual. Dokumen surat maupun dokumen kepegawaian saat ini hanya tersimpan di lemari
dan belum tertata dengan baik, sehingga saat dibutuhkan informasi penting mengenai surat
terkadang menyulitkan dalam pencarian berkas, berkas tersebut harus diteliti satu persatu
sangat tidak efisien dan membuang waktu, kemudian dokumen-dokumen ini juga sangat
rentan rusak, robek dan bahkan hilang.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlunya penyimpanan secara sistem digital
yang apabila dibutuhkan dapat ditemukan secara mudah dan cepat dikemudian hari. Karena
dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju dan berkembang, maka semakin
banyak pula data-data, berkas, maupun arsip yang terkumpul dan disimpan karena
mempunyai nilai guna. Dengan adanya sistem digitalisasi ini maka akan mengurangi
penumpukan kertas, dan juga dapat menghemat waktu dalam pencarian data karena akan
disimpan dalam bentuk file sesuai kode arsip, nama arsip, kategori dan letak berkas pada surat
tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mencari gagasan pemecahan isu permasalahan
dengan judul “Pembuatan Sistem Digitalisasi Manajemen Arsip Surat Masuk dan Surat
Keluar Berbasis SASI di Subbagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kabupaten Buru
Tahun 2022”.