Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


OPTIMALISASI MANAJEMEN PENANGANAN KENDALA BERKAS PELAYANAN ELEKTRONIK (HAK TANGGUNGAN, PENGECEKAN SERTIPIKAT DAN SKPT) MELALUI EMAIL PADA SEKSI PENETAPAN HAK DAN PENDAFTARAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SRAGEN

    Setia Adi Prakasa | 15 September 2022

Abstract


Saat ini, penulis ditempatkan di Seksi Penetapan Hak Dan Pendaftaran, Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen. Adapun permasalahan-permasalah yang terjadi di Seksi Penetapan Hak Dan Pendaftaran yaitu Belum optimanya kendali berkas permohonan yang masuk dan keluar di Seksi Penetapan Hak Dan Pendaftaran, dengan rata-rata berkas yang masuk dan keluar diatas 50 berkas, dimana pengendalian berkas tersebut masih menggunakan Ms. Excell yang dibuat file perhari dan yang hanya bisa mengkases Cuma 2 orang. Selanjutnya permasalahan yang ada yaitu Belum optimalnya manajemen penanganan kendala berkas pelayanan elektronik. Saat ini, masih terdapat Notaris/PPAT yang datang untuk melaporkan masalah saat mendaftarkan berkas elektronik yang mengalami kendala, maupun melaporkan via Whatsapp ke nomor pribadi admin. Sehingga menurut penulis hal tersebut kurang efektif dan efisien dikarenakan pendaftaran yang sudah secara elektronik, jika terjadi kendala maka tidak perlu datang lagi ke kantor untuk mengurus kendala tersebut, dan jika melalui Whatsapp bisa saja chat tersebut tercampur dengan chat pribadi admin yang lain. Hal tersebut belum relevan dengan Manajemen Asn mengenai Asas Penyelenggaraan Kebijakan dan Manajemen Asn Sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 2 yaitu Asas Efektif dan Efisien, Permasalahan selanjutnya yaitu Lambatnya perbaikan berkas permohonan oleh PPAT pada layanan pengecekan sertipikat secara elektronik hal ini dikarenakan kurang partisipasi Aktif dari Notaris PPAT dalam melakukan perbaikan dokumen-dokumen yang belum memenuhi syarat. Berdasarkan analisis permasalahan-permasalahan yang ada tersebut, maka penulis melakukan pemilihan permasalahan utama dan melakukan kegiatan Aktualisasi “Optimalisasi Manajemen Penanganan Kendala Berkas Pelayanan Elektronik Melalui Email Pada Seksi Penetapan Hak Dan Pendaftaran di Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen”.

Dokumen PDF Laporan Aktualisasi_Setia Adi Prakasa_Revisi.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XXIV Tahun 2022
Keyword : III

Komentar