Repository Aktualisasi Latsar CPNS

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


OPTIMALISASI KEGIATAN PENYELESAIAN TUNGGAKAN PERMOHONAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN REMBANG

    Muhammad Fachri Wijaya | 16 September 2022

Abstract


Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di bidang pertanahan perlu suatu upaya peningkatan pelayanan. Soelarman (1998 : 9) mengatakan bahwa, “Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di bidang pertanahan, segenap BPN dituntut untuk melakukan tertib administrasi pertanahan , keterbukaan dalam arti prosedur / tata cara pelayanan yang jelas dan dituangkan pada papan pengumuman, ketepatan waktu pelayanan, kenyamanan dan kepastian hukum, penyediaan loket-loket pelayanan dan lain sebagainya.”5 Berdasarkan POK (Petunjuk Operasional Kegiatan) Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang tahun anggaran 2022 menyelenggarakan pelayanan Pendaftaran Tanah Pertama Kali sebanyak 1.485 layanan. Layanan tersebut akan menghasilkan produk berupa sertipikat hak atas tanah. Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang di dalam memberikan pelayanan pendaftaran tanah pertama kali kepada masyarakat khususnya dalam hal pensertipikatan tanah belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, yakni dalam hal ketepatan waktu penyelesaiannya. Pada saat ini masih banyak penyelesaian permohonan dalam pendaftaran tanah pertama kali yang dalam prosesnya belum dapat terselesaikan dengan tepat waktu, hal ini mengakibatkan terjadinya tunggakan permohonan, yang pada akhirnya menunda penerbitan sertipikat.

Dokumen PDF Laporan Aktualisasi Final Muhammad Fachri Wijaya-dikompresi.pdf

Kategori & Pelatihan : Aktualisasi Latsar CPNS | Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XXIII Tahun 2022
Keyword : III

Komentar