olehkarena itu diperlukan media yang dapat memudahkan
proses pelaporan dari masyarakat dan juga dapat terintegrasi dengan Seksi
Pengendalian dan Penanganan Sengketa Kantah Kabupaten Bandung Barat yang
berfungsi untuk menghimpun informasi terkait laporan dan pengaduan dari
masyarakat. Yang mana, media tersebut digunakan untuk optimalisasi dan
mempercepat proses tindaklanjut dari laporan masyarakat yang ada, sehingga besar
harapannya masalah yang ada dimasyarakat dapat diurai dan dapat ditindak lanjuti
dengan segera.
3 Nurhasan Ismail, 2018, Hukum Agraria Dalam Tantangan Dan Perubahan, Setara Press:
Malang. Hlm. 25.
3
Dengan membuka akses layanan publik berbasis digital untuk masyarakat
yang lebih mudah, murah dan efisien, juga membuat pelayanan lebih berorientasi
pelayanan dan responsif karena dikelola langsung oleh pengelola pengaduan
sengketa dan konflik yang lingkup alur pengaduan kasus pertanahannya telah
disesuaikan dengan peraturan terbaru serta dipantau oleh tim penanganan
pengaduan pertanahan.