Pada era globalisasi sekarang ini, semakin banyak bermunculan bentuk usaha baik di bidang
jasa milik negara maupun swasta.Setiap badan usaha baik di bidang jasa milik negara maupun swasta,
harus memiliki langkah-langkah strategis yang mampu memiliki keunggulan bersaing.Memiliki
upaya inovasi yang unggul sehingga dapat membedakan perusahaan yang satudengan yang lainnya,
dengan adanya pemanfaatan penataan arsip sebagai sarana untuk menciptakan daya saing
perusahaan membawa perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Sebagian besar
perusahaan dalam memenangkan persaingan melakukan upaya perumusan dan penyempurnaan
strategi bisnisnya, oleh karena itu kearsipan merupakan suatu pusat ingatan, sumber informasi serta
alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka melaksanakan segala
kegiatan-kegiatan, baik pada kantor- kantor Lembaga Negara, Swasta dan Perguruan Tinggi, dalam
proses penyajian informasi agar pimpinandapat membuat keputusan dan merencanakan kebijakan,
maka harus ada sistem dan prosedur kerjayang baik dibidang kearsipan.