Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai Dengan Metode Knowledge Sharing Melalui “Program Seuramoe” Pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh

    Farah Diba, S.P. | 23 January 2024

Abstract


Dalam sebuah organiasasi/ lembaga perubahan yang terjadi bisa bersumber dari lingkungan eksternal dan internal. Organiasasi/ lembaga perlu memfokuskan diri terhadap faktor internal yang menunjang keberhasilan organiasasi/ lembaga. Salah satu faktor internal yang menjadi kunci utama dalam mencapai kinerja yang baik adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh organiasasi/ lembaga dalam mengoptimalkan kinerja dalam mencapai visi dan misi serta pencapaian tujuan organiasasi/ lembaga adalah sumber daya manusia (pegawai) yang berkualitas dan memiliki integritas yang tinggi. Ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai, sebagaimana telah dikemukakan oleh Sugiyono (2008), antara lain: Pertama faktor individu, yaitu kemampuan dan keterampilan melakukan kerja, yaitu kemampuan dan keterampilan kerja serta motivasi dan etos kerja. Kedua faktor dukungan organisasi, yaitu dukungan dalam bentuk pengorganisasian, penyediaan sarana dan prasarana kerja, kenyaman lingkungan kerja, serta kondisi dan syarat kerja. Ketiga faktor dukungan manajemen, yaitu berupa strategi dalam membangun sistem kerja dan hubungan industrial yang aman dan harmonis, mengembangkan kompetensi pegawai, serta menumbuhkan motivasi seluruh pegawai untuk bekerja secara optimal.   Sikap berbagi pengetahuan (Knowledge sharing) adalah serangkaian perilaku individu yang melibatkan berbagi pengetahuan dan keahlian terkait pekerjaan seseorang dengan anggota lain dalam organisasi. Perilaku berbagi pengetahuan (Knowledge sharing) dapat didefinisikan sebagai budaya interaksi sosial, yang melibatkan pertukaran pengetahuan Pegawai, pengalaman, dan keterampilan melalui seluruh departemen atau organisasi. Kompetensi adalah karakteristik yang mendasari seseorang yang menghasilkan pekerjaan yang efektif dan kinerja yang unggul. Pada dasar nya setiap Pegawai mempunyai ciri atau memiliki karakter berdasarkan kemampuan yang harus di kuasai nya.

 

Dokumen PDF LAPORAN AKSI PERUBAHAN FARAH DIBA.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKP | Pelatihan PKP Angkatan II Tahun 2023
Keyword :