Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


PENINGKATAN PELAYANAN PERTANAHAN MENUJU KANTOR PERTANAHAN MODERN MELALUI PENATAAN ARSIP DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN ALOR, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

    Jose Marcus Fernando, S.SiT., S.H., MPA. | 3 January 2024

Abstract


Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan good governance dan melakukan gerakan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah utamanya yang berkaitan dengan lembaga pelayanan. Bahwa kualitas data pertanahan untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Alor sampai dengan saat ini masih perlu dipacu guna peningkatan kualitas pertanahan.

Kearsipan berperan penting dalam organisasi tanpa terkecuali Kantor Pertanahan Kabupaten Alor yang merupakan unit organisasi tingkat Kabupaten/Kota yang berada pada naungan Kementerian Agaria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang mempunyai tugas pokok di bidang pelayanan pertanahan yang bersinggungan dengan masalah kearsipan. Arsip mempunyai nilai penting untuk digunakan sebagai pertanggungjawaban Nasional, sehingga perlu diselamatkan dan dikelola dengan baik. Arsip merupakan aset suatu organisasi, juga berguna sebagai bahan pengambilan keputusan organisasi pemerintah, karena dengan arsip/dokumen yang teratur dan benar pengambilan keputusan dapat dilakukan cepat dan tepat. Terselenggaranya kearsipan secara baik dapat meminimalisir kesalahan manajemen yang akan di ambil oleh organisasi pemerintah maupun swasta melalui tersedianya informasi yang tersaji dengan baik dan benar.

Saat ini, pelayanan pertanahan dituntut untuk memberikan pelayanan yang modern, mudah, cepat dan transparan. Selaras dengan itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia telah meluncurkan 7 layanan prioritas melalui transformasi digital meliputi: Pengecekan Sertipikat; Surat Keterangan Pendaftaran Tanah; Hak Tanggungan Elektronik; Roya; Peralihan Hak Atas Tanah; Pendaftaran SK; dan Perubahan Hak Atas Tanah.

Begitu penting peranan arsip dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan publik pada Kantor Pertanahan Kabupaten Alor sehingga pengelolaan sistem pengarsipan harus diatur dengan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, maka perlu dilakukan terobosan guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan dalam hal penataan arsip. Namun kendala utama yang dihadapi sebelum jauh melangkah pada peningkatan kualitas data pertanahan adalah keadaan dan pengelolaan arsip yang kurang baik. Salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya ruang arsip, selama ini arsip buku tanah dan sebagian warkah 208 disimpan di Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, arsip surat ukur disimpan di Seksi Survei dan Pemetaan dan sebagian warkah 208 disimpan di gudang yang kurang layak. Dari uraian tersebut diatas penulis tertarik untuk menulis tentang Aksi Perubahan dengan judul “Peningkatan Pelayanan Pertanahan Menuju Kantor Pertanahan Modern melalui Penataan Arsip di Kantor Pertanahan Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur”.


Dokumen PDF Laporan Aksi Perubahan_Pengesahan.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKA | Pelatihan PKA Angkatan I Tahun 2023
Keyword :