Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERTANAHAN MELALUI LAYANAN DELIVERY SERVICE PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BENGKULU SELATAN

    Nasep Vandi Sulistiyo, S.ST | 3 January 2024

Abstract


Dalam upaya meningkatkan pelayanan serta lebih memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menerbitkan Surat Edaran Nomor 14/SE-HK.02/VII/2022 tentang Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan, dimana Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan merupakan loket yang dikhususkan untuk pemilik tanah yang mengajukan pelayanan pertanahan secara mandiri tanpa melalui kuasa. Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran tersebut Kantor Pertanahan telah menyediakan Loket Prioritas dan agar lebih dekat lagi dengan masyarakat dipandang perlu dibuatkan inovasi pelayanan yang benar-benar dibutuhkan dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Disamping hal tersebut diatas dalam rangka pembangunan Zona Intergritas pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan dimana salah satu parameter yang dinilai adalah nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) yang diperoleh melalui survei menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar nilai dimaksud bisa memenuhi syarat karena berdasarkan data pemohon yang mengajukan permohonannya dari bulan Januari sampai dengan Mei 2023 hanya 21,6 % yang merupakan pemohon langsung sedangkan sisanya 78,4 % adalah pemohon dengan surat kuasa.

Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan kabupaten induk yang telah terbentuk cukup lama dan Kota Manna sebagai ibu kota Kabupaten yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian di Kabupaten Bengkulu Selatan namun sampai saat ini belum memiliki fasilitas sarana transportasi umum yang memadai, hal ini dilihat dari belum adanya angkutan umum resmi baik offline maupun online dalam Kabupaten yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendukung aktifitas sehari-hari dan berbagai keperluan lainnya, hal ini tentu menghambat masyarakat dalam mobilisasi khususnya untuk mendapatkan pelayanan publik dari Pemerintah. 

Berdasarkan hal tersebut diatas dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan dan meningkatkan nilai IKM dan IPAK serta menghadapai kendala terkait fasilitas sarana transportasi umum yang belum memadai maka melalui Aksi Perubahan Kinerja Organisasi pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan membuat inovasi layanan delivery service yang diperuntukan khusus bagi pemohon langsung atau pemohon yang datang ke loket pelayanan pertanahan secara mandiri tanpa kuasa hal ini dimaksudkan agar bisa mendorong animo masyarakat untuk datang sendiri mengurus surat tanahnya ke Kantor Pertanahan tanpa melalui pihak lain.

Sosialisasi layanan delivery service dilakukan melalui media sosial Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan dan secara langsung disampaikan melalui agenda Bupati Bengkulu Selatan diantaranya Bujian Dusun atau Bupati berkantor di Desa dan mulai di launching pada tanggal 22 Juni 2023 ditandai dengan acara seremonial sederhana pelepasan petugas delivery service oleh

Kepala Kantor. Sampai dengan jadwal waktu Aksi Perubahan selesai yaitu tanggal 04 Agustus 2023 produk layanan yang telah diantar sebanyak 33 pemohon, dan berdasarkan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) yang diperoleh dari survei yang dikelola melalui aplikasi Case Survey Management System (CSMS) Biro Kepegawaian Kementerian ATR/BPN diperoleh nilai kualitas IKM sebesar 17.15/17.50 predikat Sangat Baik dan IPAK sebesar 17.15/17.50 terbukti naik jika dibandingkan dengan nilai pada saat penilaian dalam rangka pembangunan Zona Integritas pada tahun 2022 yaitu mempunyai nilai kualitas IKM sebesar 15.74/17.50 predikat Baik dan IPAK sebesar 15.94/17.90, dengan demikian isu permasalahan yang dipilih yaitu Rendahnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan setelah dilakukan Aksi Perubahan melalui layanan delivery service bisa terpecahkan dengan catatan layanan delivery service harus terus dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.


Dokumen PDF Laporan Aksi Perubahan Nasep format LAN sdh ttd.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKA | Pelatihan PKA Angkatan I Tahun 2023
Keyword :