Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


EFEKTIFITAS PENYIAPAN ANALISA KEPUTUSAN PENGANGKATAN DALAM JABATAN ADMINISTRATOR MELALUI PENYUSUNAN APLIKASI BERBASIS WEB ANDALAN KAMI (ANALISA DUKUNGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN JABATAN ADMINISTRATOR) PADA BAGIAN MUTASI KEPEGAWAIAN

    Andhi Pratama Putra | 7 July 2021

Abstract


Salah satu tugas yang dilaksanakan pada Bagian Mutasi Kepegawaian adalah analisis penyiapan keputusan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian pegawai dalam jabatan administrator. Pengangkatan, mutasi dan pemberhentian pegawai dalam jabatan administrator merupakan proses yang komplek dimana para analis kepegawaian harus menyiapkan hasil analisa secara cepat dan akurat untuk kepentingan Tim Penilai Kinerja untuk memberikan rekomendasi kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk mengambil keputusan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian pegawai dalam jabatan administrator. Namun demikian, pelaksanaan fungsi tersebut masih belum optimal dimana masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya antara lain sebagai berikut: − Masih terdapat kesalahan pengangkatan dalam jabatan administrator dimana PNS yang bersangkutan dimutasikan kembali ke unit kerja awal. − Kemungkinan masih adanya usulan mutasi terhadap PNS yang masa kerjanya pada unit kerja lama dibawah 1 (satu) tahun. − Kesalahan dalam penulisan nama, gelar, tanggal lahir, pangkat dan golongan dalam Surat Keputusan. − Masih adanya usulan promosi dari daerah yang mengikutsertakan pejabat pengawas atau setingkat pengawas yang tidak termasuk ke dalam Kelompok Rencana Suksesi untuk promosi ke dalam jabatan administrator. − Masih adanya usulan promosi/mutasi ke dalam jabatan administrator terhadap PNS yang memiliki catatan khusus di Inspektorat Jenderal. − Pengolahan data masih semi-manual. − Penyajian analisa belum dapat dilakuka secara cepat dan akurat karena data yang masih belum padu. − Terdapat anggapan bahwa dalam pengangkatan dalam jabatan administrator tidak memperhatikan kinerja dan terkesan tidak obyektif. Berdasarkan hal tersebut di atas, terdapat permasalahan yang harus segera dilakukan intervensi terkait dengan analisis penyiapan keputusan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian pegawai dalam jabatan administrator yang dilaksanakan oleh Bagian Mutasi Kepegawaian sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan optimal dan dapat meningkatkan kinerja organisasi. Intervensi permasalahan tersebut harus memiliki kelayakan dengan kriteria efektifitas, efisiensi dan kemudahan dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil diagnosa organisasi, maka Peningkatan Efektifitas Penyiapan Analisa Keputusan Pengangkatan Dalam Jabatan Administrator Melalui Penyusunan Aplikasi Berbasis Web ANDALAN KAMI (Analisa Dukungan Pengambilan Keputusan Jabatan Administrator pada Bagian Mutasi Kepegawaian) merupakan intervensi yang akan dilakukan untuk mengatasi belum optimalnya analisis penyiapan keputusan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian pegawai dalam jabatan administrator.

PDF document Andhi Pratama Putra_LAP.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKP | Pelatihan PKP Angkatan I Tahun 2021
Keyword :