Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


TERWUJUDNYA PENYELESAIAN TUNGGAKAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI WEBSITE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA JAYAPURA

    Keliopas Fenitiruma | 21 June 2021

Abstract


Kantor Pertanahan sebagai ujung tombak pelayanan administrasi pertanahan dituntut melayani dengan transparan, cepat, tepat, mudah, hal ini dapat terwujud apabila didukung dengan tingkat kualitas kinerja yang baik. Namun pada kenyataanya kualitas kinerja belum seluruhnya tertangani dengan baik karena, sumber daya manusia yang terbatas, kurang disiplinnya petugas dalam menyelesaikan tunggakan penerimaan diterima dimuka (PDDM), rendahnya pemahaman terhadap standar Operasional Prosedur (SOP), kurangnya pelatihan/kursus teknis serta tidak adanya komunikas dua arah antara petugas kantor pertanahan dan pemohon dalam menindaklanjuti permohonan pendaftaran tanah pertama kali (original) maupun pendaftaran tanah yang bersifat derivative dan telah terdaftar. Salah satu kendala dalam pelayanan pertanahan pada Kantor Pertanahan Kota Jayapura adalah belum terselesaikannya tunggakan permohonan sebanyak 1.876 (seribu delapan ratus tujuh puluh enam) berkas yang terinput sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2021 dan terhadap tunggakan tersebut lebih banyak didominasi oleh berkas permohonan yang terdaftar pada tahun 2015 sampai dengan 2018 yang secara sebagian besar pemohonnya tidak dapat dihubungi oleh petugas kantor pertanahan untuk ditindaklanjuti Terhadap kendala dan hambatan tersebut, maka Kantor Pertanahan didorong untuk terus menerus melakukan inovasi layanan, dan menciptakan Kantor Pertanahan yang dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan kualitas pelayanan yang professional dan untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen pimpinan dan seluruh insan ATR/BPN untuk melaksanakan kegiatan pelayanana dengan prima yang pada akhirnya pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik sesuai dengan nilai-nilai Kementerian melayani, professional dan terpercaya sehingga tercipta penyelenggara pemerintahan yang baik (Good Governance).

Dokumen PDF hasil asistensi LAPORAN AKSI PERUBAHAN KINERJA ORGANISASI PKA 1 2021 an Keliopas fix.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKA | Pelatihan PKA Angkatan I Tahun 2021
Keyword :