Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


PENINGKATAN FASILITASI REVISI ANGGARAN MELALUI SISTEM PENGELOLAAN REVISI (SiPERI) PADA BIRO PERENCANAAN DAN KERJA SAMA

    LINDA SARIASIH | 2 November 2020

Abstract


Dalam pelaksanaan revisi pada Direktorat Jenderal Anggaran, Biro Perencanaan dan Kerja Sama bertanggung jawab terhadap penelitian usulan revisi anggaran yang disampaikan oleh Kuasa Penggunan Anggaran (KPA). Dalam hal usulan Revisi Anggaran berkaitan dengan Pagu Anggaran berubah, pergeseran antar-program, perubahan peruntukan pada level program dan/atau berupa usulan keluaran (output) baru, Biro Perencanaan dan Kerja Sama menyampaikan usulan revisi kepada APIP K/L untuk direviu dengan tembusan kepada Sekretaris Jenderal. Berdasarkan hasil penelitian dan reviu atas usulan revisi anggaran, Biro Perencanaan dan Kerja Sama menyiapkan usulan revisi anggaran kepada Sekretaris Jenderal untuk disampaikan kepada Direktorat Jenderal Anggaran dengan mengunggah salinan digital pada sistem aplikasi. Dalam memfasilitasi pelaksanaan revisi anggaran tersebut, Bagian Rancangan Penganggaran dibagi atas 3 (tiga) wilayah (masih mengacu kepada Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) yang yang bertanggung jawab terhadap wilayahnya Biro Perencanaan dan Kerja Sama memiliki volume pelaksanaan fasilitasi revisi yang relatif tinggi, namun kondisi ini belum dimbangi dengan ketersediaan ketersediaan Sumber Daya Manusia pada Bagian Rancangan Penganggaran Dengan memperhatikan jumlah revisi dan ketersediaan Sumber Daya Manusia tersebut, maka diperlukan suatu sistem pengelolaan revisi yang terpadu dengan pemanfaatan teknologi dan informasi dalam rangka pencapaian kinerja yang lebih maksimal. Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan revisi ini sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.

Dokumen PDF Laporan Implementasi Aksi Perubahan.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKP | Pelatihan PKP Angkatan III Tahun 2020
Keyword :