Repository Aksi Perubahan

Repository Sharing Knowledge merupakan fitur LMS dalam menyajikan dokumen akademik peserta pelatihan.


Optimalisasi Pengelolaan Basis Data Geospasial Pertanahan Melalui Percepatan Validasi Data Tekstual dan Spasial Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju

    adam Husain, S.Tr | 17 January 2024

Abstract


Indonesia saat ini sedang menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan  Industri 5.0. Perubahan  yang  mengarah  pada dunia digital mengharuskan semua pemerintahan secara aktif melakukan adaptasi menuju perubahan digital. Perubahan ini tentu tidak hanya didukung oleh teknologi yang digunakan tetapi juga dibutuhkan ASN yang agile dan Smart. Hal ini dilakukan agar dapat mewujudkan pelayanan publik yang prima dan berkualitas. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini terus melakukan berbagai invoasi teknologi yang berguna untuk mempercepat proses pendaftaran tanah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagi kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional khususnya Kantor Pertanahan di daerah, pelayanan publik yang berkualitas adalah pelayanan pertanahan yang mampu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan baik terkait pendaftaran sertipikat maupun pemeliharaannya yang umumnya dicerminkan dengan durasi proses penyelesaian kegiatan tetap waktu. Warkah adalah dokumen pertanahan yang menjadi alat pembuktian data fisik maupun yuridis yang telah dipergunakan sebagai dasar pendaftaran bidang tanah. Buku tanah dan Surat ukur merupakan salah satu bagian dari Warkah . Pengarsipan warkah memerankan peranan penting dalam proses pendaftaran Tanah terutama untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang termaksud dalam kategori 2 dan kategori 4. Kategori 2 yaitu bidang tanah yang data fisik dan yuridisnya memenuhi syarat namun terdapat perkara sedangkan kategori 4 yaitu bidang tanah yang sudah terdaftar namun belum terpetakan. Warkah menjadi bukti otentik dan juga sebagai langkah awal dalam menyelesaikan kedua kategori tersebut.  Pada Pertanahan Kabupaten Mamuju, layanan secara elektronik yang diterapkan adalah pengecekan sertipikat dan masih belum optimal. Hal ini disebabkan  oleh data arsip warkah yang masih belum 100% digital. Data arsip yang belum terdigitalisasi dengan optimal tidak hanya berdampak pada pelayanan yang elektronik tetapi juga berdampak pada pelayanan pertanahan lain baik itu pemeliharaan data maupun terkait pengukuran yang melibatkan arsip buku tanah dan surat ukur. Melalui komitmen dalam menuju layanan ATR/BPN yang berstandar dunia maka penting insan BPN memiliki jiwa Bela Negara berupa Kontibusi dan Berkolaborasi dalam percepatan dan perbaikan data pertanahan seperti validasi buku tanah dan surat ukur selain penting setiap insan pelayan publik juga Melayani masyarakat dengan Kode Etik.   

Dokumen PDF Laporan Implementasi Aksi Perubahan-Sadam Husain, S.Tr.pdf

Kategori & Pelatihan : Aksi Perubahan PKP | Pelatihan PKP Angkatan I Tahun 2023
Keyword :