Dasar-Dasar Kepemimpinan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta di harapkan mampu:
Membandingkan cara kerja lama dengan metode/proses baru selaras dengan ketentuan yang berlaku tanpa arahan orang lain
-
Menjelaskan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan
-
Menjelaskan perilaku cepat dan tanggap dalam menerima perubahan
-
Menganalisis informasi yang tersedia dalam upaya mencari solusi
-
Menentukan berbagai alternatif yang ada sebelum membuat kesimpulan
-
Membuat keputusan operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan pedoman yang ada.
- Pengantar Kepemimpinan
- Karakter Kepemimpinan
- Refleksi Personal
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Teacher: Cipto Rahardjo
Etika Kerja
Setelah mengikuti pelatihan, peserta di harapkan mampu:
- Menjelaskan sikap yakin dalam mengerjakan tugas-tugas pemerintahan/pelayanan publik
- Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
- Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
- Menerapkan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
- Menyimpulkan pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
- Membuat materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
Etika dan Moralitas
Etika Kinerja Organisasi
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Manajemen Hubungan Publik
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Memberi contoh sikap membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas untuk mendukung sasaran tim
- Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
- Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
- Menerapkan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
- Menyimpulkan pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
- Membuat materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
- Menjelaskan sikap yakin dalam mengerjakan tugas-tugas pemerintahan/pelayanan publik
- Mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan agar dapat menjalankan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik secara cepat dan tanggap
- Mengidentifikasi kebiasaan, tatacara, situasi tertentu sehingga apa yang disampaikan menjadi perhatian pemangku kepentingan dalam hal penyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik
- Pengelolaan Hubungan Publik
- Strategi Pengelolaan Pelayanan Publik
- Pengelolaan dan Pengukuran Citra Publik
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Manajemen Kinerja Organisasi
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan
nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi; Mengajak orang lain untuk bertindak sesuai etika dan kode etik
- Menjelaskan
norma-norma secara konsisten dalam setiap situasi, pada unit kerja
terkecil/kelompok kerjanya
- Merangngkum
informasi yang dapat dipercaya sesuai dengan etika organisasi
- Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
- Merancang
metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
- Memaparkan
penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada
orang-orang di unit kerjanya
-
Sistem Manajemen Kinerja Organisasi
-
Peningkatan Kinerja Berorientasi Pada Hasil
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Manajemen Pelaksanaan Strategi
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan
proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar
kerja yang ditetapkan organisasi
- Merancang
metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
- Memaparkan
penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada
orang-orang di unit kerjanya
- Memberikan
contoh, instruksi, penjelasan dan petunjuk praktis yang jelas kepada bawahan
dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
- Menjelaskan
mekanisme proses, program atau sistem baru kepada bawahan
- Menjelaskan
proses penerapan metode lain untuk meyakinkan bahwa orang lain telah memahami
penjelasan atau pengarahan
- Menganalisis informasi yang
tersedia dalam upaya mencari solusi
- Menentukan berbagai alternatif yang ada sebelum membuat
kesimpulan
- Membuat keputusan operasional
berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan pedoman
yang ada
Manajemen Strategik Organisasi
- Strategi Analisis Organisasi
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Membangun Kolaborasi melalui Komunikasi yang Efektif
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Memberi
contoh sikap membantu orang lain dalam
menyelesaikan tugas mereka untuk
mendukung sasaran tim
- Menjelaskan
informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
- Menjelaskan
proses membangun komitmen yang tinggi
untuk menyelesaikan tugas tim
- Menerapkan
gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
- Menyimpulkan
pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
- Membuat
materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
- Konsep dasar kolaborasi dalam sebuah organisasi
- Membangun kerjasama dalam sebuah tim kerja
- Membangun tim efektif
- Strategi dan implementasi Komunikasi efektif pada organisasi
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Menciptakan Budaya "Continous Improvement" di Lingkungan Kerja
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan
proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar
kerja yang ditetapkan organisasi
- Merancang
metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
- Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya
- Konsep dasar budaya "Continuous Improvement"
- Proses penerapan budaya "Continuous Improvement" di lingkungan kerja
- Proses mempertahankan budaya "Continuous Improvement" di lingkungan kerja
- Integritas dan Nilai – Nilai Kementerian ATR/BPN
- Budaya Orientasi Pada Hasil
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Mengelola Keberagaman
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Memberi contoh sikap membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka untuk mendukung sasaran tim
- Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
- Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi
untuk menyelesaikan tugas tim
- Memberikan contoh, instruksi, penjelasan dan petunjuk praktis yang jelas kepada
bawahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
- Menjelaskan mekanisme proses, program atau
sistem baru kepada bawahan
- Menjelaskan proses penerapan metode lain untuk
meyakinkan bahwa orang lain telah memahami penjelasan atau pengarahan
- Konsep dasar keberagaman
- Strategi dan Bentuk Implementasi dalam mengelola keberagaman
Membangun Kerjasama
Proses pengembangan SDM dalam lingkungan yang beragam
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Menjadi SDM Unggul : Adversity Quotient
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja yang lebih tinggi dari standar organisasi
- Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerja
- Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya.
- Pengantar Adversity Quotient
- Model-Model Adversity Quotient
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
- Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
- Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan
kepada orang-orang di unit kerjanya
- Menganalisis
informasi yang tersedia dalam upaya mencari solusi
- Menentukan
berbagai alternatif yang ada sebelum
membuat kesimpulan
- Membuat keputusan
operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan
pedoman yang ada
-
Pemecahan Masalah
- Pengambilan Keputusan
- Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
- Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar