Help with Search courses

Dasar-Dasar Kepemimpinan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta di harapkan mampu: 
  • Membandingkan cara kerja lama dengan metode/proses baru selaras dengan ketentuan yang berlaku tanpa arahan orang lain

  • Menjelaskan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan

  • Menjelaskan perilaku cepat dan tanggap dalam menerima perubahan

  • Menganalisis informasi yang tersedia dalam upaya mencari solusi

  • Menentukan berbagai alternatif yang ada sebelum membuat kesimpulan

  • Membuat keputusan operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan pedoman yang ada.

  • Pengantar Kepemimpinan
  • Karakter Kepemimpinan
  • Refleksi Personal

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Etika Kerja

Setelah mengikuti pelatihan, peserta di harapkan mampu:
  • Menjelaskan sikap yakin dalam mengerjakan tugas-tugas pemerintahan/pelayanan publik
  • Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
  • Menjelaskan proses membangun komitmen  yang  tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
  • Menerapkan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
  • Menyimpulkan pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
  • Membuat materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
  • Etika dan Moralitas

  • Etika Kinerja Organisasi


  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Manajemen Hubungan Publik

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Memberi contoh sikap membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas untuk mendukung sasaran tim
  • Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
  • Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
  • Menerapkan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
  • Menyimpulkan pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
  • Membuat materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
  • Menjelaskan sikap yakin dalam mengerjakan tugas-tugas pemerintahan/pelayanan publik
  • Mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan agar dapat menjalankan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik secara cepat dan tanggap
  • Mengidentifikasi kebiasaan, tatacara, situasi tertentu sehingga apa yang disampaikan menjadi perhatian pemangku kepentingan dalam hal penyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik
  • Pengelolaan Hubungan Publik
  • Strategi Pengelolaan Pelayanan Publik
  • Pengelolaan dan Pengukuran Citra Publik

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Manajemen Kinerja Organisasi

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Menjelaskan nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi; Mengajak orang lain untuk bertindak sesuai etika dan kode etik
  • Menjelaskan norma-norma secara konsisten dalam setiap situasi, pada unit kerja terkecil/kelompok kerjanya
  • Merangngkum informasi yang dapat dipercaya sesuai dengan etika organisasi
  • Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
  • Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
  • Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya
  • Sistem Manajemen Kinerja Organisasi

  • Peningkatan Kinerja Berorientasi Pada Hasil


  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Manajemen Pelaksanaan Strategi

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
  • Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
  • Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya
  • Memberikan contoh, instruksi, penjelasan dan petunjuk praktis yang jelas kepada bawahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
  • Menjelaskan mekanisme proses, program atau sistem baru kepada bawahan
  • Menjelaskan proses penerapan metode lain untuk meyakinkan bahwa orang lain telah memahami penjelasan atau pengarahan
  • Menganalisis informasi yang tersedia dalam upaya mencari solusi
  • Menentukan berbagai alternatif yang ada sebelum membuat kesimpulan
  • Membuat keputusan operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan pedoman yang ada
  • Manajemen Strategik Organisasi

  • Strategi Analisis Organisasi

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Membangun Kolaborasi melalui Komunikasi yang Efektif

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Memberi contoh sikap membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas mereka untuk mendukung sasaran tim
  • Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
  • Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
  • Menerapkan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional
  • Menyimpulkan pesan-pesan dari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai
  • Membuat materi presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahan pimpinan
  • Konsep dasar kolaborasi dalam sebuah organisasi
  • Membangun kerjasama dalam sebuah tim kerja
  • Membangun tim efektif
  • Strategi dan implementasi Komunikasi efektif pada organisasi

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Menciptakan Budaya "Continous Improvement" di Lingkungan Kerja

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
  • Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
  • Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya
  • Konsep dasar budaya "Continuous Improvement"
  • Proses penerapan budaya "Continuous Improvement" di lingkungan kerja
  • Proses mempertahankan budaya "Continuous Improvement" di lingkungan kerja
  • Integritas dan Nilai – Nilai Kementerian ATR/BPN
  • Budaya Orientasi Pada Hasil

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Mengelola Keberagaman

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Memberi contoh sikap membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka untuk mendukung sasaran tim
  • Menjelaskan informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim
  • Menjelaskan proses membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim
  • Memberikan contoh, instruksi, penjelasan dan petunjuk praktis yang jelas kepada bawahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
  • Menjelaskan mekanisme proses, program atau sistem baru kepada bawahan
  • Menjelaskan proses penerapan metode lain untuk meyakinkan bahwa orang lain telah memahami penjelasan atau pengarahan
  • Konsep dasar keberagaman
  • Strategi dan Bentuk Implementasi dalam mengelola keberagaman
  • Membangun Kerjasama

  • Proses pengembangan SDM dalam lingkungan yang beragam


  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Menjadi SDM Unggul : Adversity Quotient

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja yang lebih tinggi dari standar organisasi
  • Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerja
  • Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya.
  • Pengantar Adversity Quotient
  • Model-Model Adversity Quotient

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu:
  • Menjelaskan proses untuk mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi
  • Merancang metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya
  • Memaparkan penerapan metode kerja yang lebih efektif yang sudah yang dilakukan kepada orang-orang di unit kerjanya
  • Menganalisis informasi yang tersedia dalam upaya mencari solusi
  • Menentukan berbagai alternatif yang ada sebelum membuat kesimpulan
  • Membuat keputusan operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasi sesuai dengan pedoman yang ada
  • Pemecahan Masalah

  • Pengambilan Keputusan

  • Peserta dengan Learning Plan Wajib Mengikuti.
  • Peserta Mandiri Enrollment Key: daftar